Tips atasi kantuk saat berkendara

Salah satu hal yang paling fatal dalam kecelakaan lalu lintas adalah karena rasa kantuk saat berkendara. Rasa jenuh akan menghantui pikiran karena berkendara sendiri. Sering kali tanpa kita sadari, begitu banyak kecelakaan dijalan raya, baik yang kecelakaan tunggal maupun tabrak beruntun. Faktor utama kecelakaan mobil adalah rasa kantuk saat berkendara atau stamina dan kondisi badan yang tidak fit saat mengemudi.

Beberapa tips agar kondisi badan tetap segar saat mengemudi adalah :

  1. Mencuci muka terlebih dahulu, karena itu bisa membuat anda menjadi lebih segar dari pekerjaan yang membuat anda lelah.
  2. Lakukan pemanasan sebelum berangkat. Dan tidak lupa juga melemaskan otot-otot yang tegang.
  3. Makan dan minum secukupnya sebelum mengemudi, Jangan minum alkohol atau minuman yang bersifat merangsang adrenalin.
  4. Mulailah perjalanan anda dengan berdoa terlebih dahulu.
  5. Jika anda mengendarai kendaraan anda sendirian, sebaiknya jangan terlalu banyak melamun atau memikirkan sesuatu yang tidak penting. Ada baiknya anda konsentrasi dan fokus terhadap jalan yang anda tempuh. Tentunya ini dilakukan untuk menghindari kecelakaan lalu lintas tersebut.
  6. Sedia air minum secukupnya,bila perlu siapkan makanan kecil.
  7. Jangan memakai sabuk (bila memakai) terlalu kencang agar pernafasan tidak terganggu.
  8. Jika semua aktivitas diatas tersebut tidak bisa membuat rasa mengantuk anda berkurang, segeralah berhenti di tempat yang aman. Misalnya di warung makan atau warung kopi. Lebih bagus lagi jika anda mencuci muka lagi.
  9. Jika berhenti di warung kopi tidak ada salahnya untuk meminum sedikit kopi panas untuk menghilangkan rasa mengantuk.
  10. Orang yang mengendarai mobil atau motor sering merasakan ngantuk di jalan. Ketika mereka diserang kantuk, mereka biasanya beristirahat atau minum secangkir kopi yang mengandung kafein untuk mengurangi rasa kantuk. Yang bisa dilakukan untuk membunuh rasa kantuk, melakukan kedua hal tersebut. Dan tak hanya satu yang dilakukan seperti yang disimpulkan dari sebuah penelitian yang ditulis oleh Anahad O’Connor seperti yang dikutip dari The New York Times.Biasanya, para ahli menyarankan orang agar untuk menjauh dari kopi dan stimulan lainnya sebelum berkendara karena kafein dianggap mengganggu tidur.Penelitian mengenai kantuk saat berkendara dengan membandingkan pengendara yang mengantuk yang beristirahat tidur dan kelompok yang beristirahat dengan meminum secangkir kopi.

    Para peneliti menemukan bahwa tidur selama 15-30 menit dapat memperbaiki kewaspadaan dan kemampuan mengemudi. Banyak penelitian menyarankan orang untuk memerangi kantuk dengan meminum kopi.

    Meski begitu, dari serangkaian penelitian itu, para peneliti di Inggris menemukan bahwa meminum kopi dan kemudian diikuti dengan tidur selama 15 menit adalah cara yang paling efektif untuk memerangi kantuk.

    Para peneliti menguji seorang pengendara yang mengantuk dalam sebuah simulator. Mereka menemukan bahwa kombinasi dari meminum kopi dan tidur selama 15 menit dapat memperbaiki kemampuan dan mengurangi kantuk bagi pengendara lebih baik dari teknik yang biasa digunakan – seperti mendinginkan udara, tidur sejenak, istirahat tanpa tidur, meminum 200 mg kopi seduh.

    Metode ini dipercaya ampuh karena tidur selama 15 menit membantu menjernihkan otak dari kandungan adenosine. Sementara itu, kafein membutuhkan sekitar 20 menit untuk bisa mempengaruhi secara psikologis. Dampaknya seperti sebuah tamparan untuk membangunkan orang dari tidur.

    Ketika anda merasakan kantuk ketika berkendara, ambilah secangkir kopi dan lanjutkan dengan tidur nyenyak selama 15 menit, karena hal itu merupakan sebuah cara yang efektif untuk mengalahkan kantuk yang dialami pengendara.

  11.  Lanjutkan perjalanan anda jika rasa mengantuk benar-benar hilang.

 

FacebookTwitterGoogle+Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *