Cara Kerja Kunci Mobil Immobilizer

Cara Kerja Kunci Mobil Immobilizer

 

Halo sobat setia, hari ini saya akan menjelaskan tentang cara kerja kunci mobil immobilizer, nah pertama-tama kunci mobil Immobilizer itu sendiri merupakan sistem yang lumayan canggih yang terdapat pada kendaraan sebagai sistem keamanan pada kendaraan. Pada kunci mobil immobilizer, didalam kunci dan didalam kendaraan dilengkapi dengan sebuah chip transponder sehingga bila kunci yang asli dipasang pada kontak dikendaraan, maka kendaraan dapat dihidupkan karena kode transmisi pada chip yang sesuai.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa kunci mobil immobilizer terdiri dari chip transponder yang terpasang pada kunci dan Mobil (pada Immobilizer Control Unit Receiver dan pada Engine Control Unit/ ECU atau pada Powertrain Control Unit/ PCM).

Cara kerja kunci mobil immobilizer itu sendiri sangat sederhana, di dalam tiap kunci, pabrik mobil membenamkan perangkat elektronik yang memancarkan sinyal kode. Dan di dalam mobil juga terdapat perangkat elektronik yang akan menerima sinyal dari perangkat yang ada di kunci mobil.

Jika saat kunci di masukkan, kode yang berada pada perangkat kunci dan pada mobil cocok maka ECU akan mengalirkan bahan bakar ke mesin dan mobil bisa dinyalakan, namun bila tidak cocok lampu indikator immobilizer akan menyala pada speedometer dan mobil tidak bisa dinyalakan.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara kerja immobilizer dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

Kesimpulannya adalah jika kunci kontak sesuai maka kendaraan dapat dinyalakan, namun bila kunci kontak tidak sesuai kendaraan maka kendaraan tidak akan dapat dinyalakan.

meskipun telah disematkan dengan teknologi canggih, namun kunci mobil immobilizer ini tetap saja mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihan menggunakan kunci ini adalah keamanannya. Sebab mobil hanya dapat dihidupkan menggunakan anak kunci yang sudah terdaftar di ECU mobil. Jadi mesin mobil tidak akan hidup jika dibobol paksa dengan menggunakan obeng atau kunci mobil tanpa ada immobilizernya.

Kekurangan menggunakan kunci mobil ini tentu adalah biayanya lebih mahal dari kunci mobil biasanya untuk menduplikat atau membuat baru saat kunci mobil hilang, karena bahan dan alatnya cuma ada dealer – dealer resmi. Dan juga dengan adanya fitur ini dapat mempengaruhi harga jual mobil yang mahal.

Namun hal terbaik yang harus tetap Anda lakukan adalah tetap menjaga kunci mobil immobilizer anda tidak jatuh ke tangan orang lain. Sebab, jika sampai jatuh atau tercecer ke tangan orang lain, maka bukan tidak mungkin dapat disalah pergunakan sehingga membuat Anda kehilangan kendaraan impian Anda.

 

 

 

Tinggalkan Balasan